Beauty in DunMay episode 2

Rasanya Cantik

Gue merasa beruntung banget punya sahabat kayak Nuni. Kita sama-sama nggak suka ikut organisasi dan nggak suka gaul sama senior. Kalau Nuni, dia memang kurang suka bergaul dengan banyak orang, kalau gue ya semuanya tahulah ya karena gue minder dengan muka gue sendiri. So, tiap ada waktu kosong di antara jam kuliah kita lebih seneng mampir ke kost-an Nuni. Apalagi si Nuni emang doyan masak-masak walaupun cuma masak mie instan, yang penting kita nggak makan di keramaian. Hitung-hitung buat berhematlah, nggak deh, lebih tepatnya karena duit jajan kita cuma cukup beli mie instan di kantin kampus, mending beli mie instan bungkus sama telur aja terus nanti kita masak sendiri. Lagian jam makan siang tuh kantin bakal rame, soalnya senior-senior pasti pada nongkrong di situ.

Sambil nungguin Nuni memasak, gue duduk nyandar di kamarnya Nuni sambil mainin si ACE 3. Gue lihat-lihat postingan teman-teman gue di BBM, kok pada cakep-cakep ya? Padahal aslinya ngga kayak gitu, maksud gue mereka aslinya cakep tapi kok jadi makin cakep sih? Apa mereka semua foto genic ya? Atau kameranya memang canggih? Iya sih teman-teman gue kebanyakan pake i-phone gitu, si Nuni juga pake i-phone.

“Assalamu’alaikum…”
Gue kaget, tiba-tiba ada cewek yang buka pintu kamarnya Nuni. Gue lihat siapa gerangan, alamak cakep amat tuh anak.
“Temannya kak Nuni, ya?” tanyanya.
“Eh, i… iya…” jawab gue, terus tuh anak masuk gitu aja. “Siapa, ya? Teman kost-nya Nuni?”
Gue waspadalah, kali aja nih anak mau nyuri barang-barangnya Nuni. Soalnya Nuni pernah cerita kalau banyak teman-teman kost-annya kehilangan barang, dicuri gitu laptop sama HP-nya. Gue ambil i-phone-nya Nuni alias gue amankan.
“Oh, aku adek sepupunya kak Nuni.”
“Oh, gitu…Nuni lagi memasak di dapur nih, kita nunggu di sini aja, ya!”
Gue masih waspada, gue perhatiin gerak geriknya nih anak, dia sekarang duduk sandar di tembok, tepat di samping gue. Ya emang nggak ada yang mencurigakan sih, dia juga cuma mainin HP-nya doang, cuma kalau gue makin perhatiin nih anak cakep banget sumpah. Gue aja lihatnya gimana-gimana, apa kabar kalo cowok yang lihat, ya?
“Maaf ya, nungguin lama…” tiba-tiba Nuni nongol dengan membawa dua mangkuk mie instan lengkap sama telur. “Eh ada Inong, udah selesai kuliahnya?” Nuni bertanya ke cewek cakep di samping gue, kayaknya sih mereka bener-bener saling kenal. “Udah makan belum, Nong?”
“Udah tadi di kampus, Kak.”
“Eh, kenalin nih, adek gue, Jainong,” kata Nuni, “ini teman gue, Saras.”
Gue sama Jainong bersalaman dan nyebut nama kita masing-masing.
“Inong cakep banget, ya.” Gue muji dia, ya habis gue kayak terpesona sama mukanya nih anak.
“Ah, kak Saras bisa aja nih…” si Inong tersenyum malu-malu.
“Bener loh,” gue muji dia sambil lihatin lebih seksama mukanya tuh anak, “udah punya pacar, belum?”
“Hehehe… udah kak.”

Ya, iyalah cewek cakep gini yang deketin pasti banyak. Udah punya kulit putuh mulus, alisnya tebal dan udah berbentuk rapi, hidungnya mancung, body-nya yahud, rambutnya sebahu hitam berkilau kayak model iklan sampo. Apa coba kekurangannya?

“Inong nginap di sini, besok gue mau bawa dia ke rumah sakit buat jadi pasiennya kak Irfan,” kata Nuni.
“Pasien apa?”
“Pengen pasang behel, Kak.” Jawab Jainong.
“Apanya yang mau diubah, itu udah bagus loh?” kataku heran.
“Ini kak, agak berantakan…” si Inong menjawab sambil memperlihatkan gigi depan sebelah kiri yang kurang rapi.
“Oh, yayaya.”

Padahal yang kurang rapi cuma sebiji gigi doang dan nggak gitu kelihatan. Tapi ya, tiap orang punya tingkat kepuasan berbeda-beda sih. Mungkin dia nggak percaya diri kalau ketawa terus giginya yang agak berantakan kelihatan.

“Kak, boleh minta pin BB-nya?”
“Oh, Boleh… boleh…”
Dia lalu nge-invite gue. Gue perhatiin foto profilnya, gileeee cakep banget. Oh, tuhan, kenapa ada orang secakep ini sih, udah cakep mukanya bersih lagi! Kok gue udah buluk gini jerawatan pula! Dimana keadilan itu, oh tuhan??

***

Udah sebulan gue main omegle, dapat kenalan cowok yang nggak mesum sih cuma berakhir dengan saling invite di BBM dan chat kita nggak lanjut. Gue sedih sih, gue pengen punya teman cowok buat cerita-cerita gitu tapi kita tetep sebagai anonym. Mereka pada pengen lihat muka gue itu kayak gimana dan gue nggak pengen muka gue ketahuan buluk gini. Iya sih, foto profil gue nggak ada di BBM yang satunya lagi.

Apa mesti pasang foto gue, ya? Ah, nggak deh, gue udah pernah akrab dengan seorang cowok di YM dulu terus gue kirim foto asli gue terus dia jadi ogah chating sama gue lagi. Gue trauma deh ngasi lihat foto gue sama kenalan online gue.

Ya, udah. Lupain aja!

Gue lalu buka-buka BBM gue yang original. Eh, si Inong ternyata rajin banget gonta-ganti foto profilnya. Perasaan baru sejam eh foto profilnya udah diganti aja. Iya sih cewek cakep gitu ya pasti pede-lah. Tapi, enak ya jadi cakep gitu, lebih pede dan bisa berekspresi sesukanya tetep aja terlihat cakep, mau pasang ekspresi kayak pengen ee’ aja kelihatan imut. Lah gue? Pose duck face aja orang-orang yang lihat jadi pengen muntah!

Tiba-tiba gue ada ide. Foto Inong gue comot aja terus gue pasang fotonya dia BBM gue yang satunya, kali aja teman-teman kenalan gue di omegle jadi nge-chat gue. Dan bener aja, belum ada semenit udah ada yang chat masuk!

Cantik banget sih

Gue agak panik, jantung gue berdebar. Gue nggak tau mau balas apa? Soalnya ini pertama kalinya ada yang ngatain gue cantik! Tapi tenang… gue harus santai nanggepin.

Hehehe… makasih

Nggak lama dia balas nih.

Gue gak tau loh kalo gue punya teman di BBM secantik ini

Gue nahan ketawa tapi gue tersipu-sipu juga. Ternyata gini ya rasanya dipuji cantik. Alamak!
Ah, kamu bisa aja

Boleh kenalan lebih dekat gak nih?

Waduh! Gue bingung nih ya. Kalo kenalan lebih dekat kayaknya gue belum siap nih. Gue cek foto profil tuh cowok. Mukanya lumayan sih buat gue tapi… Oh em jie… gue belum siap!

Kok diem aja

Iya nih aku sambil ngerjain tugasku

Oh sorry ya, aku jadi ganggu…

Iya gpp…

Gue lalu baring telungkup. Dada gue berdebar-debar sumpah! Ada perasaan takut karena udah nipu orang tapi gue seneng juga karena gue dipuji cantik. Iya sih, sebenanrnya dia memuji si Inong. Kok gue jadi ke-geer-an ya??

Nggak lama kemudian ada notif PING BBM lagi. Gileee langsung ada 4 PING dari orang yang berbeda. Aduh… gue harus gimana, ya? Okay gue pilih salah satu aja, gue pilih yang paling ganteng aja deh. Gue cek foto profilnya satu persatu, okay nemu satu yang paling lumayan.

Kenapa

Lumayan cantik juga. Boleh kenalan ga?

Buset minta kenalan lagi. Tapi nggak papa deh, kan cuma sebatas BBM doang.

Iya boleh

Namanya siapa nih

Saras

Kalo aku Dito. Saras tinggalnya dimana nih?

Di jkt

Oww jauh ya. Kalo aku di Sumatra. Udah punya cowok nih? Ntar aku gangguin ceweknya orang lagi wkwk

Hm… Belum kok

Gue ketawa. Ya kali gue punya cwok itu mujizat banget buat gue. Tapi namanya juga lagi iseng jadi cewek cakep. Tapi jujur gue kurang sreg kalo baru kenalan aja udah nanya-nanya udah punya cowok kayak udah pengen pedekate aja padahal kenal juga kagak.

Boleh dong kenal lebih dekat

Um… gue bobo dlu ya soalnya gue lagi capek habis kul.

Ouh… oke

Gue langsung cepet-cepet matiin notif BBM gue. Sebenarnya, gue merasa nggak enak sih tapi gimana ya, gue belum siap gitu dengan kebohongan ini. Apalagi pake fotonya Inong, salah banget kan gue? Tapi di sisi lain gue merasa senang karena gue dipuji cakep. Rasanya berbunga-bunga banget, apa gini ya rasanya jadi cakep? Dipuji, dideketin… seneng banget gue sumpah! Maklumlah ya, makhluk buluk kayak gue dipuji dan ini pertama kalinya gue dipuji sama cowok. Oh em jie… gue bingung gue harus hentikan keisengan ini atau lanjut aja kali ya? Toh orang-orang yang ada di kontak BBM gue yang ini nggak kenal gue dan pada jauh domisilinya dari gue. Gue bingung banget sumpah!

“Dih, nih anak kenapa lagi?” tiba-tiba kak Rina sudah ada di kamar gue. “Gue minta toner lo, ya? Toner gue habis nih.”
Terus kak Rina masuk, nyari toner di meja rias gue. Gue perhatiin kakak gue ini juga cakep banget, lebih cakep dari Inong. Fotonya Inong aja bisa bikin banyak cowok terpesona apa kabarnya kakak gue ya? Tapi, Kak Rina kan nggak gitu suka main sosmed. Gue iseng nanya aja deh.

“Kak Rin…”
“Kenapa lo?”
“Pernah nggak, ada cowok yang chat kak Rin terus muji-muji kalo kak Rin cakep?”
Kak Rina bingung liatin gue. “Kenapa lo nanya gitu?”
“Ya… cuma nanya aja…”
“Pernah sih, dulu pas awal-awal kuliah dichat sama senior gue gitu, awalnya sih seneng tapi lama-lama bosen juga, di sosmed juga kan cuma teman-teman gue jadi biasa aja. Kenapa? Ada yang ngatain lo cantik?” Kak Rina malah ngakak.
“Heh, kalo ngatain gue jangan pake toner gue!”
“Dih… sensi dia.”

Asli gue dongkol banget, apa karena gue saking jeleknya gini dan nggak pantes dikatain cantik, ya? Tapi seenggaknya sekarang gue bisa dipuji cantik walaupun cuma di dunia maya dan bukan foto gue.

cerbung.net

Beauty in DunMay

Score 0.0
Status: Ongoing Tipe: Author: Dirilis: 2021 Native Language: Indonesia
Enak ya jadi cantik. Banyak yang pengen temanan, diperlakukan dengan ramah, dipuji, kesempatan kerjanya lebih banyak, gampang terkenal, pokoknya lebih banyak enaknya lah. Lihat aja tuh selegram dan influencer! Pada cantik, kan? Di tiktok, lihat aja yang banyak ditonton ya orang cantik dan ganteng walalupun mereka nggak lucu-lucu amat. Artis juga kebanyakan yang cantik-cantik! Iya sih ada juga yang nggak cantik, tapi itu pun mereka harus melakukan hal yang “wadidaw” dulu biar terus terkenal, itu pun ditonton biar netizen ada bahan buat menghujat. [/font][/size]Yah… nggak bisa menafikan sih kalau first impression kita semua itu dimulai dari wajah, tanpa mikirin gimana sifatnya, latar belakangnya, pekerjaannya. Gue pun sering terpukau melihat cewek cantik, sampai dalam hati bergumam “waw, cantik banget…” “kok bisa sih dia cantik gitu,” “gilaaaa cantik amat sih tuh anak!”  padahal gue sendiri cewek. Eits, bukan berarti gue lesbi ya, gue hanya terpukau kok bisa ya dia cantik sedangkan gue buluk gini? Bisa nggak, 10% aja kecantikannya dibagi ke gue? Pengen deh ngerasain gimana ya rasanya jadi cewek cantik, sebentar aja, penasaran aja gimana rasanya.Pernah, gue bermimpi di siang bolong kalau gue tiba-tiba menjadi cewek cantik dan banyak yang naksir gue, termasuk teman-teman gue yang dulu sering hina muka gue yang jerawatan. Dunia terasa berbalik 180 derajat, benar-benar mimpi yang indah. Namun, mimpi hanyalah mimpi, ketika terbangun gue harus dihadapkan dengan kenyataan bahwa gue bukan termasuk makhluk yang cantik.Gue berjalan di sepanjang trotoar, nggak ada yang melirik ke arah gue. Itu bertanda wajah gue nggak ada menariknya sama sekali. Gue pun berhenti dan berbalik ke arah jendela kaca toko pakaian, terlihat wajah gue mengkilat karena minyak dan permukaan kulit muka gue yang kasar dengan bekas jerawat yang berlubang-lubang beserta jerawat kecil-kecil yang menghiasi wajah gue.Gue memegang wajah gue yang terlihat murung dan kucel. Akankah suatu saat gue memiliki wajah yang cantik bak selebgram? Lalu mendapatkan tawaran endorse produk kecantikan? Tiba-tiba pegawai toko muncul di balik kaca jendela dan menatap gue dengan wajah yang nggak ramah sama sekali. Gue pun menunduk lalu cepat-cepat pergi dari sana. Yah, serasa gue nggak pantas dengan hanya melihat-lihat tokonya, seperti itulah orang-orang memandang gue.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opsi

tidak bekerja di mode gelap
Reset