Ken: The Untold Stories episode 1

Part 1 - Here I'm Back

“Vitaaaa… Welcome to the room, Cintaaa!!!”

Itu adalah kalimat pertama yang diteriakin Mbak Yuli, roommate gue di kamar kost yang baru ini. Baru buka pintu ujug-ujug dia teriak begitu, bikin gue yang lagi nonton tv langsung melonjak kaget.

“Ngagetin aja sih, Mbak?” bales gue sambil beranjak mendekatinya terus biasa deh ritual cewek, cupika-cupiki. Mbak Yuli ini udah duluan ngekost disini, malah jauuuh lebih dulu. Udah ada 6 taunan kali dia tinggal disini, di kamar yang sama.

Iya, nama gue Vita. Gue baru 3 hari ini tinggal di kota yang kata orang Kota Pahlawan ini. Gue tinggal disini lantaran baru keterima gawe di salah satu perusahaan swasta penyedia jasa call center buat salah satu provider ternama di Indonesia. Halah ribet banget ya jelasinnya, sebut merk aja lah, T***omsel. Pada tau kan? Iya, selama 3 hari ini gue mulai training sebagai CSO operator tersebut. Kalo ngga salah sih kepanjangannya CSO tuh Customer Service Operator, sori kalo salah soalnya udah lama banget .

Mbak Yuli ini dulu senior gue di kampus yang banyak disebut “Kampus Perjuangan”. Dibilang gitu karena mungkin buat bisa lulusnya dari kampus itu butuh perjuangan banget kali ya? Terlepas dari nama kampusnya yang kayak nama Hari Pahlawan gitu deh, nggak perlu gue sebutin kampus apa itu, elo-elo yang arek Suroboyo pasti udah bisa nebak deh. Kembali ke soal gue, dulu di kampus ini gue nggak lama koq, numpang iseng doank kuliah setaun, karena di taun berikutnya gue pindah kuliah ke Malang. Nggak betah bow, kuliah di kota yang panasnya ngujubile, haha. Tapi kenapa lulus kuliah di Malang gue dapet kerjaan di kota ini lagi sih??? Takdir.

“Abis pulkam oleh-oleh apaan, Mbak?” tanya gue sambil melirik tas bawaan Mbak Yuli.

“Ah elo nih dateng-dateng bukannya nanya-nanya kabar kek, malah nanya oleh-oleh!” jawab Mbak Yuli sambil noyor kepala gue. “Gimana, koq bisa terdampar kerja disini?”

“Terdampar, emangnya ikan paus?!”

Mbak Yuli ketawa ngakak. “Asik donk kita sekantor, lo bisa boncengin gue tiap hari,” dia ngomong lagi dengan semangatnya sambil narik idung gue. Gue pun manyun.

“Kalo nggak mo barengan gue, nggak usah ngekost disini!” ancamnya.

Buset, sadis amat!

“Eh gimana gimana? Cerita donk gimana kuliah lo di Malang. Gue surprise aja waktu Vina bilang lo mo ngekost disini, Cin”.

“Kuliah? Yaaa gitu deh, udah lulus gue, Mbak, terus nyari kerjaan, ikut rekrutment disana-sini dapetnya panggilan di kantor lo. Ke Surabaya lagi deh gue. Aseeem!!!”

“Haha, kan enak tho disini, ada mantan,” goda Mbak Yuli sambil narik idung gue lagi.

Mantan??? Hmmm… Gue aja hampir lupa kalo pernah punya mantan disini. Ini kenapa si kakak malah ngingetin gue yang udah lama move on sih?!

Gue diem nggak ngejawab, cm nyengir kecut nginget sang mantan.

“Btw, si Keni belom lulus loh!”

“What??? Serius, Mbak?” spontan ke-move on-an gue selama bertahun-tahun luntur seketika gegara cerita Mbak Yuli.

“Iya, lagi skripsi dia. Ngga tau kenapa ngga kelar-kelar, kebanyakan main sih.”

Oke biar lo pada ngga penasaran gue ceritain soal mantan gue yang disebut-sebut Mbak Yuli barusan. Namanya Keni, senior setaun di atas gue, seangkatan bahkan se-gank sama Mbak Yuli. Bapaknya orang Padang, ibunya Sunda tapi mereka udah lama tinggal di kota yang terkenal sama bandengnya. Hubungan gue sama dia dulu bisa dibilang nggak mulus. Ya kalo mulus dan langgeng sih mungkin ampe sekarang statusnya bukan mantan kan ya?! Cukup soal Keni, di part ini gue nggak bakalan banyak nyeritain soal dia, karena belom waktunya, hehe.

“Kost-annya masih di Gubeng, Mbak?” tanya gue pelan. Nggak pengen ngebahas tapi penasaran juga.

“Kayaknya nggak deh, udah lama dia pindah. Gue juga sejak wisuda udah lama nggak kontak, jarang ketemu juga sih.”

Gue cuma ngebales dengan kata “Ooo…” doank.

******

Hari keempat gue training, suasana di kantor udah mulai bikin gue nyaman. Anak baru angkatan gue cuma 20 orang dan sebagian besarnya cewek. Gue sih belom hafal semua nama-namanya, tapi at least kalo ketemu di jalan gue tau siapa-siapa aja temen kantor gue lah ya.

“Vit, ntar malem nongkrong di Taman Bungkul yuk!” Tiba-tiba si Bayu udah muncul aja di depan meja komputer gue. Suasana kelas training hari ini rada kacau karena trainer kami yang jabatannya di kantor ini sebagai supervisor tiba-tiba harus ninggalin kami sebentar karena ada masalah di workshop. Katanya sih sebentar, tapi udah hampir sejam dan beberapa menit lagi jam istirahat makan siang nyatanya mas trainer belom balik juga. Dan dimana-mana namanya trainee tu kan kayak anak sekolah kan ya, kalo gurunya nggak ada kita jadi bebas berekspresi.

“Siapa aja?”

“Nah lo maunya berdua aja sama gue apa rame-rame?”

Yaelah dia balik nanya, bukannya dia yang punya acara ya?

“Lah kan lo yang ngajakin, gue sih bebas,” jawab gue sambil nyengir.

“Berdua aja juga ngga papa koq, gue ngga bakalan ganggu deh,” tiba-tiba si Roman yang mejanya di samping gue nyeletuk nggak sopan dengan tampang isengnya.

“Cewek orang nih, Man!” jawab Bayu sambil ngelirik gue.

“Ya terus kenapa kalo dia cewek orang? Emang lo mo jadiin dia cewek lo juga?” balas Roman masih iseng.

“Hush! Hush! Tolong ya, kalo ngomongin gue tu jangan di depan muke gue donk, kan gue jadi denger!” potong gue.

Roman dan Bayu ketawa bareng. “Bagus kan kita ngomongin lo di depan, daripada diomongin di belakang?!” balas Bayu di sela-sela tawanya.

“Rese lo pada!”

“Jadi gimana, Neng? Gue tau tempat ngopi yang enak loh!” tanya Bayu lagi masih nyambung ajakannya tadi.

“Boleh… Gue sih bebas. Lo ikut, Man? Ajakin Richi sama Indra juga lah.”

Si Richi yang kayaknya punya masalah dengan pantatnya (karena ni anak nggak pernah bisa duduk diem kalo kelas lagi free gini, gue rasa dia punya ambeien deh) dan pas lagi lewat di dekat kami langsung nyamber, “Kayaknya nama gue barusan disebut-sebut ya?”

“Ntar malem nongkrong yuk!” ajak Bayu.

“Kemana?”

“Terserah sih, pengennya di Taman Bungkul, atau kalo lo punya ide lain boleh juga kita coba. Ini si nona manis kan hobinya ngopi,” jawab Bayu.

“Jadi! Ntar langsung aja pulang kantor, kalo gue ke rumah dulu mah jauh cuy!”

“Gue pulang dulu kalleee… Mandi, ganti baju, naroh motor, dan yang penting mulangin kakak seperguruan gue dulu. Ntar gue barengan Indra aja deh,” sambung gue.

“Eh jangan, lo ntar sama gue aja. Kan gue yang punya ide, gue tanggung jawab donk bocengin elo,” potong Bayu.

“Oooow… Tooo twiiiiit!!!” jawab gue yang diiringi senyum bangga si Bayu.

“Yaudah ntar kita nungguin lo berdua di kost-an deh ya?”

“Siiip!” gue dan Bayu bersamaan menjawab tawaran Roman.

******

Jam 7 lewat dikit, gue, Bayu, Richi, Indra dan Roman udah pada naroh pantat di tepian trotoar Taman Bungkul. Jaman dulu sih taman ini nggak sebersih dan seindah sekarang, beda walikota kali ya? Gue lupa waktu itu kita ngebahas apa aja, yang jelas acara ngopinya nggak disana, jadi ceritanya di Taman Bungkul kita cuma bentar trus kita pindahin pantat ke daerah deket-deket Bratang gitu deh. Jangan ditanya di sebelah mana, gue udah lupa. Yang jelas warung kopi ini rekomendasi dari si Bayu yang udah duluan lama tinggal di kota ini.

Bayu itu kalo secara umur sih sama ama gue, cuma lulus kuliahnya duluan dia karena gue pernah ngulang kuliah di Malang. Dia juga dulu kuliahnya di Malang. Selepas kuliah dia kerja di kota ini, sempet gonta-ganti sampe akhirnya terdampar juga di kantor gue sekarang. Nggak beda jauh sama Roman, dia malah angkatan tua banget, udah lama melanglang buana di dunia job seeker ampe akhirnya sekantor sama gue ini. Kalo Richi, ini first job dia setelah 2 taun jobless selepas kuliah, sementara Indra tu anak baru netes dari kampus, kayak gue. Roman dan Bayu sekost di daerah yang gue lupa namanya, pokoknya di belakang kampus yang terkenal dengan slogannya Isuk Turu Awan Tangi Sarjana situ lah. Maap ya buat mahasiswa kampus situ, gue cuma niruin kata orang-orang, hehe. Trus kalo si Richi anak asli Surabaya yang rumahnya katanya jauh dari kantor, kalopun dia sebutin nama daerahnya juga belom tentu gue tau. Sedangkan Indra adalah tetangga kost gue yang belom pernah bisa gue tebengin karena tiap harinya gue nyupirin Kanjeng Kakak Yuli ke kantor.

“Jadi cowok lo di Malang, Vit?” tanya Richi di sela-sela obrolan kami berlima. Gue ngangguk.

“LDR nih yeee…” goda Bayu.

“Berarti lo ada kesempatan, Bay!” sambung Roman sambil ngakak.

“Widiiih… Gue kayaknya yang paling ketinggalan berita nih, Man. Kesempatan apaan nih buat Bayu?” si Indra ikutan nyamber nggak penting.

“Ah elu kayak nggak tau aja, Ndra. Naluri lelaki itu namanya,” balas Bayu yang menurut gue nggak serius.

“Apa sih? Naluri lelaki tu lagunya Samsons, Kakaaak…” sambung gue menetralisir keadaan. Gue suka rada kagok kalo anak-anak ngebahas soal kedekatan gue sama Bayu, karena kita emang deket. Bayu adalah kenalan pertama gue di kantor waktu kami masih menjalani serangkaian tes rekruitment beberapa minggu lalu dan syukurnya ternyata kami sama-sama diterima, sekelas pula buat trainingnya. Dan selama beberapa hari mulai ngantor ini emang hubungan gue sama Bayu intens banget, mungkin karena kami punya banyak kesamaan ya? Sama-sama pernah kuliah di Malang, trus ternyata sohib gue waktu kuliah dulu pernah di-PDKT-in sama Bayu karena mereka satu SMA. Huwayyah, dunia ini sempit ya? Trus apalagi ya? Pokoknya dari awal gue sama Bayu udah klik aja deh sebagai temen, makanya anak-anak kantor ngeliat kita deket banget.

“Jadi gimana, Vit?” Roman godain gue lagi.

“Apanya?”

Dia nggak jawab, cuma mainin mata ke arah Bayu. Gue pun nepok jidat.

“Nggak baik loh ngerebut cewek orang,” tiba-tiba Indra nyeletuk.

“Emang siapa ngerebut siapa, Ndra?” tanya gue sok polos.

“Nah ini dari tadi kita ngomongin siapa?” dia nanya balik.

Gue cuma mengangkat bahu tanda tak tau. Ni cowok-cowok kalo pada ngumpul yang dibahas hal-hal yang nggak penting dan nggak jelas banget ya?

Jam 10, alarm di hape gue udah mulai sewot nggak berenti-berenti ngecek gue udah balik ke kost apa belom. Biasa, cowok gue nih. Namanya Bagas, kami dulu sekampus dan jadian udah sejak semester 3. Bagas sekarang kerja di Malang, jadi bener kata Bayu tadi, kami LDR-an. Cuma biar LDR gini nggak ada tuh hal-hal tentang gue disini yang Bagas nggak tau, kayak sekarang ini gue lagi nongkrong sama 4 cowok single dan imut ini, gue bilang sama Bagas dan dia nggak keberatan asal gue tetep patuh sama aturan jam malam kost dan yang penting jam malam dia ngijinin ceweknya ngelayap di luar. Dan jam 10 gini udah masuk ketentuan jam malam yang nggak boleh gue langgar, makanya dari tadi Bagas udah sms berkali-kali nanyain gue udah pulang belom.

“Balik yuk, Bay. Hape gue udah berisik nih.”

Bayu tersenyum kecil ngeliat tampang BT gue gegara hape.

“Yaelaaaah… Cowok lo kan nggak disini, Vit? Lo ngaku udah dikost aja kan bisa?” sambung Roman.

“Lo ngga usah jadi setan deh, Man!” bales gue. Roman ngakak.

“Yaudah gue anter Vita dulu deh. Kalian masih pada mo disini kan?” tanya Bayu pada Richi, Roman dan Indra. Ketiganya mengangguk.

“Ati-ati ya! Jangan lupa pegangan, Vit!” teriak Roman sebelum gue sama Bayu berangkat. Dan gue bales candaan Roman dengan lambaian jari tengah dari tangan kiri gue.


cerbung.net

Ken: The Untold Stories

Score 0.0
Status: Completed Tipe: Author: Dirilis: 2015 Native Language: Indonesia
"Jodoh itu di tangan Tuhan". Tapi kalo kita nggak usaha buat nyari dan ngejar si jodoh juga Tuhan nggak bakalan ngasi. Kan nggak mungkin tiba-tiba Tuhan ngejatuhin seonggok manusia dari langit buat kita? Yang ada tu orang malah masuk RS atau masuk liang kubur duluan sebelum sempet bilang "gue jodoh lo yang dikirim Tuhan" ke kita. Terus kalo emang kita harus usaha nyari atau ngejar si jodoh, gimana cara kita taunya tu orang udah beneran jodoh kita atau bukan???

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opsi

tidak bekerja di mode gelap
Reset