Ken: The Untold Stories episode 4

Part 4 - Everybody's Changing

Jaman gue deket sama Keni dulu emang belum tercipta kata “galau” di kalangan anak muda kayak gue, tapi kira-kira itulah yang gue rasain waktu itu. GALAU. G-A-L-A-U. Gara-gara apa? Setelah beberapa bulan gue nggak pernah ketemu sama Beta sejak kami putus dan gue sibuk sama ujian nasional sampe persiapan gue masuk kuliah, dan akhirnya siang tadi gue hangout sama dia yang kebetulan lagi main ke Surabaya, gue ngerasa ada yang berbeda dari sosok Beta yang pernah gue kenal.

Beta yang dulu pernah jadi milik gue adalah sosok yang polos kalo soal cewek. Jangankan jadi playboy atau cowok gombal macam Keni, pertama kali Beta mo pegang tangan gue aja dia permisi dulu, padahal jelas-jelas waktu itu gue udah jadi pacarnya. Gitu juga soal gaya bicaranya, sopan banget dan nggak selengean, malah gue yang lebih sering nggak bisa nyensor kata-kata kalo ngomong. Tapi tadi selama jalan sama gue di Delta Plaza Surabaya, selain seenaknya main peluk (padahal kan gue bukan ceweknya lagi) tingkahnya si Beta kalo ngeliat cewek bening bikin gue pengen nampar pipinya. Gue nggak tau sejak kapan dia jadi lebih urakan kayak gitu, gue juga nggak tau kayak apa pergaulannya di kepolisian, yang jelas dia beda.

Kebanyakan cewek emang lebih gampang ditaklukin sama cowok bandel yang punya bakat playboy, selain pinter bikin ati klepek-klepek cowok macam ini juga suka bikin geregetan tapi penasaran. Tapi justru dulu gue jatuh cinta sama Beta karena dia jauh dari kriteria cowok bandel yang gue maksud. Gue lebih suka cowok baek-baek yang polos dan apa adanya, tapi justru sosok Beta yang sekarang bikin gue eneg! Apa iya gue udah ilfeel? Padahal sejak kami putus beberapa waktu lalu, rasa cinta gue sama dia masih ada dan gue simpen baek-baek dalam hati, dan sebagai orang yang pernah menyelami hati Beta selama hampir 3 tahun gue PD banget bahwa Beta juga punya rasa yang sama kayak gue. Tapi mungkin emang everybody changes ya, harapan gue soal Beta tiba-tiba lenyap gitu aja setelah kami ketemuan hari ini.

“Udah ah nangisnya, rugi bener cowok kayak gitu ditangisin, Dek!” Keni berucap pelan sambil menyeka air mata gue.

Gue mengangguk pelan, berusaha melupakan kegalauan yang gue rasain.

“Lo nggak pengen pulang, Mas? Lima menit lagi bakalan diusir ibu kost lo.”

“Lo mau jalan-jalan malem nggak, Dek?”

“Kemana?”

“Makan yuk! Terus main kemana kek ampe pagi.”

“Mas, gue anak kampung ya, nggak pernah ke tempat-tempat hiburan malam, jadi jangan ngajakin gue yang aneh-aneh!”

“Emang siapa yang mo ngajakin lo dugem?! Kita kan bisa nongkrong dimana gitu ampe pagi. Ke pantai! Mau?”

Gue mikir bentar. “Good idea,” jawab gue.

“Yaudah kalo gitu gue balik dulu, ambil mobil.”

“Tapi ntar kita makan dulu ya? Laper gue.”

“Iya.”

“Tapi lo yang traktir ya?”

“Iya.”

“Asiiik… Tapi makan yang enak ya?”

“Iya, bawel! Lo pengen makan apa aja gue turutin deh malem ini, gue traktir.”

Gue nyengir lebar. “Tapi betewe, tumben baek banget, dalam rangka apa nih?” tanya gue penasaran.

Keni senyum-senyum jail, jelek banget menurut gue.

“Tadi gue udah nembak Nonik,” jawabnya.

“Ciyeeeee… Yang udah jadiaaaan, pantesaaaaan…”

“Makanya gue kesini, mo ngabarin lo biar lo jadi orang pertama yang tau kabar ini.”

“Oooo… What an honour, Mas. Yaudah, cepetan siapin mobilnya, kita jalan-jalan buat ngerayain hari jadian lo sama Nonik. Eh tapi gue ajak Vani juga gimana?” cerocos gue sambil jingkrak-jingkrak ikut seneng.

“Boleh… Tapi soal gue sama Nonik nggak usah bilang-bilang dulu ya!”

“Heh? Kenapa?”

“Lo kan masih ospek, Neng! Nggak enak sama senior yang laen kalo ketauan gue macarin Maba.”

“Oooh… I see, I see. Ini menyangkut kredibilitas lo sebagai senior ya?”

“Nah itu tau.”

“Halah senior kayak lo aja sok-sokan mikirin kredibilitas, Maaaas, Mas! Lo ketauan lagi nongkrongin gue disini aja bisa diinterogasi lo sama senior-senior di atas lo!”

“Eh kalo elo mah beda ya, mereka kan taunya kita kakak adek, nggak masalah donk kalo seorang kakak ngunjungin kost adeknya?”

“Terserah lo deh. Yaudah buruan balik, ntar gue tungguin di kost Vani aja ya?”

Keni pun mengangguk dan bergegas pergi.

******

Jam 11 malam, gue, Vani sama Keni masih nongkrong di salah satu kafe di daerah Unair. Obrolan kami udah banyak, dari yang penting sampe yang nggak penting. Yang paling bikin gue demen dari moment ngumpul kayak gini adalah saat Vani ngobrol sama Keni. Yang satu raja gombal, satunya lagi ratu gombal, cocok deh. Gue belum tau pasti kayak apa sebenernya perasaan Vani ke Keni, cuma gue sering ngeliat mereka kayak gini, saling menggoda dan menggombali. Entah Vani cuma main-main ngebales Keni yang emang pinter banget kalo ngomong di depan cewek, atau emang Vani beneran suka? Yang jelas sebagai orang yang deket dengan keduanya sebenernya gue ngarep banget kalo mereka bisa jadian. Cuma ternyata Keni seriusnya sama Nonik, gue bisa apa?

“Lo tau lagunya Christian Bautista kan, Mas?” tanya Vani.

“The Way You Look At Me?”

“Yup. Tiap dengerin lagu itu gue pengen ganti liriknya deh.”

“Lirik yang mana?”

“Gue pengen nyanyiin buat lo dengan lirik yang udah diganti ‘No one ever saw you like I do’ boleh kan?” balas Vani yang dibalas tawa ngakak Keni.

“Kepet, Vaaan, Van!” sambung gue yang ikutan ketawa dengernya.

Tiba-tiba hape gue yang tergeletak di atas meja bergetar, ada sms masuk. Pas gue buka ternyata dari Beta.

“Aku dah sampe rumah, Ta. Kamu udah tidur belum?”

Gue tekan tombol reply tapi bingung mo ngetik apaan. Jempol gue galau milih pengen neken keypad yang mana.

“Udah nggak usah dibales!” tiba-tiba Keni yang duduk di sebelah gue ngerebut hape di tangan gue dan meletakkannya di meja. Gue pun nggak ngebantah.

“Mikirin apa sih, Vit?” tanya Vani yang emang belom tau kalo ceritanya tadi siang gue abis ketemuan sama Beta.

“Hm? Nggak ada koq.”

“Alaaah… Bohong!”

“Mikirin si Mas Polis,” sambung Keni ngeledek yang langsung gue bales dengan tonjokan di lengannya.

“Masiiih aja tentang sang mantan,” giliran Vani yang ngeledek.

“Udah ah nggak usah dibahas, kan malem ini kita mo hepi-hepi!” potong gue berusaha mengakhiri serangan.

“Demi apa lo hepi sekarang, Dek?”

“Kan demi Masku tercinta yang baru… Ups!” Hampir aja gue keceplosan. Gue langsung nyengir ke arah Keni yang udah nginjek kaki gue.

“Udah ah, jalan lagi yuk!” Keni memotong sambil berjalan ke arah kasir buat ngebayar bill kami. Meninggalkan Vani yang masih plonga-plongo nggak ngerti. Gue pun langsung narik dia buat jalan ke mobil.

Mobil yang dikendarai Keni muter-muter nggak jelas di sepanjang jalanan Kota Pahlawan ini. Dari yang tadinya jalanan masih agak rame sampe berubah makin sepi kami bertiga masih aja di jalan. Keni bilang bensinnya masih banyak, jadi nggak usah kuatir. Buat nganter gue pulang ke Madura aja masih cukup koq stok bensin di tangkinya, haha.

Lewat tengah malem akhirnya mobil yang kami tumpangi berenti di areal Pantai Kenjeran. Ini pertama kalinya buat gue main ke pantai ini, makanya gue jadi banyak nanya. Kayak tadi di gerbang depan gue nanya emangnya ni pantai buka 24 jam ya? Trus waktu udah masuk areal tempat wisata ini tadi gue liat ada mobil parkir di tempat yang gelap tapi masih jauh dari bibir pantai, gue nanya itu mobil ada pemiliknya nggak sih? Yang dijawab “Itu di dalemnya juga ada orangnya koq” sama Keni. Hwahahaha, norak dan polos banget ya gue? Sampe pas kami bertiga udah nongkrong di atas kap mobil Keni sambil menghadap ke laut gue masih aja protes karena aernya nggak keliatan. Ya iyalah, what do I expect to see malem-malem gini? Penerangan yang ada nggak cukup kuat buat nampakin keindahan pantai. Cuma suara ombak yang nggak terlalu kenceng dan desiran angin pantai aja yang bisa kami nikmati malam ini.

“Mas, laper lagi…” keluh gue dengan nada manja sambil narik-narik lengan jaket Keni.

“Mau popmie?”

Gue mengangguk. Keni pun berjalan menuju penjual popmie yang buka lapak nggak jauh dari mobil kami terparkir, ninggalin gue sama Vani masih ngobrol berdua.

“Van…”

“Hmm?”

“Lo suka ya sama Keni?”

“Menurut lo?”

“Kalo gue tau gue nggak nanya, Nyet!” balas gue sambil noyor kepala Vani.

“Menurut lo Keni suka nggak sama gue, Vit?”

“Males ah, ditanya malah balik nanya lo!”

Vani terkekeh. “Keni tu ganteng sih, kayaknya tajir juga. Eh, beneran tajir nggak sih? Kan lo yang lebih deket sama dia?”

“Gue belom kenal bapak ibuknya, belom pernah ke rumahnya, cuma sih gue bisa jamin kalo jalan sama dia lo nggak bakalan keluar duit deh, dia tipe cowok bermodal koq,” jawab gue yang diikuti tawa kami berdua.

“Hmmm… Prospeknya bagus donk ya buat digebet?”

“Serius lo, Van? Minat sama abang gue?” kali ini gue mulai nanggepin serius obrolan sama Vani.

“Lo serius cuma kakak adek sama dia, Vit? Nggak ada yang laen?”

Gue menggeleng. “Maksudnya yang laen gimana?”

“Yaaa kali kalian deket karena emang sama-sama suka? Gue kan ngga enak kalo ngerebut gebetan temen sendiri.”

“Yaelah, Vaaaan… Bukannya tadi gue ya yang nanya soal perasaan lo ke Keni? Karena jujur gue seneng kalo misalnya lo bisa jadian sama Keni. Cuma…”

“Cuma apa?” tanya Vani cepat.

Gue nggak sempet ngejawab pertanyaan Vani karena ngeliat Keni berjalan mendekat sambil ngebawa 3 botol minuman dingin. Sementara popmie-nya dibawain sama ibu-ibu penjualnya pake nampan. Kelar ngisi perut gue pun mulai ngantuk. Gue liat jam di hape, udah jam setengah tiga pagi rupanya. Gila kalo begadang gini waktu kerasa cepet banget ya lewatnya?

“Van, masuk nggak kuliah Pak Kumis?” tanya gue sambil nguap.

“Masuk lah, mo cari masalah?!”

“Jam berapa sih kuliahnya?” tanya Keni ke gue.

“Jam 7.”

“Yaudah kalo udah pada ngantuk masuk aja gih merem bentaran, ntar jam 5an kita cabut.”

“Gue belum ngantuk, masih kenyang gini,” jawab Vani.

“Dek? Tiduran aja dulu sana, sandaran kursinya diturunin,” Keni berucap ke gue.

Gue yang emang udah ngantuk nggak pengen ngebuang waktu lebih lama lagi buat jalan-jalan ke dunia mimpi. Biarin lah abang sama sohib gue ini gue tinggal berduaan aja, Innsya Allah aman koq.

******

Ada yang berbeda dari Vani beberapa hari ini. Biasanya dia semangat banget kalo ngomongin soal Keni. Bahkan kalo ada orangnya pun biasanya dia lancar banget becandaan atau gombal-gombalan sama Keni. Termasuk malam ini, gue liat dia kayak nggak terlalu tertarik waktu Keni dateng.

Malam ini angkatan gue ngumpulnya nggak di basecamp, tapi di halaman asrama mahasiswa. Alesannya anak-anak udah bosen hampir sebulan ngumpulnya di kontrakan ibu warung mulu, pengen cari suasana baru katanya. Hah!!! Alesan yang bikin gue pengen garuk-garuk tembok aja. Padahal jarak dari asrama ke kost gue agak lumayan sih, lumayan jauh maksudnya. Apalagi malem-malem gini, kan males jalan kaki sepi-sepi gitu? Kalo gue diculik orang gimana? Tapi ngumpul tetep harus ngumpul, karena lusa kita mo camp di Batu sebagai puncak acara dari rangkaian ospek selama hampir sebulan ini. Jadi malem ini kita mulai arrange persiapan dan bagi-bagi tugas buat perlengkapan yang bakalan kita bawa camping.

Dan seperti biasa, tiap kali kami seangkatan ngumpul selalu ada senior yang dateng kan, termasuk Keni. Sebenernya sih alesan dia kesini sekarang lebih karena dia mo nganter gue pulang, karena khawatir kalo gue sama Vani jalan kaki sepulang dari sini. Cuma tadi waktu gue bilang ke Vani kalo kita pulangnya bakalan dianter Keni, kenapa ya gue liat ekspresi berbeda di wajah Vani?

“Gue baliknya nebeng si Irwan aja, Vit. Lagian kan Keni bawa motor, gimana bisa nganterin kita?”

“Yaelah Van, bonceng bertiga kan bisa? Muat koq motornya, badan ramping-ramping kayak kita juga.”

Tapi kayaknya Vani emang lagi nggak kepengen kali ya, jadi gue nggak berhasil ngebujuk dia buat pulang sama gue sama Keni. Yaudah lah, gue bisa apalagi?

Kampret moment justru terjadi setelah gue ngelepas Vani buat pulang dianter Irwan. Setelah motor Irwan berjalan menjauh, gue berjalan ke arah Keni yang lagi ngobrol sama Nonik nggak jauh dari tempat motor Nonik terparkir. Dan saat itu nggak sengaja gue denger nama gue disebut-sebut.

“Terus lah lo belain adek lo itu! Apa-apa Vita, dikit-dikit Vita!” Nonik nyebut nama gue dengan jelas meskipun sebenernya dia nggak lagi teriak. Kayaknya mereka lagi berantem nih.

Keni yang menyadari kehadiran gue terlihat langsung nge-cut percakapan mereka dan ngelempar kunci motornya ke arah gue. Dia suruh gue nungguin dulu di motornya. Gue nurut, meski dalem hati penasaran juga kenapa mereka ribut dan kenapa tadi nama gue disebut-sebut? Nggak lama gue liat Nonik cabut dan Keni menghampiri gue.

“Lo berdua berantem ya?”

“Nggak, cuma salah paham aja.”

“Masalah apaan sih? Gue tadi denger lho nama gue disebut sama si Nonik.”

Keni pun mulai melarikan motornya ke arah kost gue dengan kecepatan yang bahkan bisa banget koq dibalap sama becak. Mungkin ceritanya bakalan panjang banget makanya dia nggak pengen cepetan sampe kost gue biar bisa sambil cerita di jalan gitu ya?

Jadi… Ternyata Nonik jealous sama gue, Sodara-Sodara! Tadi ni pengennya Nonik pulang dibarengin sama Keni, cuma Keni bilang dia harus nganterin gue dulu. Pilihannya ada dua, Nonik ikut nganter ke kost gue dulu trus baru mereka jalan ke arah rumah Nonik (tentunya dengan motor masing-masing) atau Nonik nunggu di asrama sementara Keni mo nganterin gue dulu bentar. Tapi Nonik tidak memilih keduanya, dia malah ngerasa kalo Keni terlalu menomersatukan gue, padahal kan dia tu ceweknya Keni?! Oooow… Kalo kayak gitu masalahnya sih gue no comment aja.

“Mas, Mas, turunin gue di kost-an Vani aja ya?”

“Ngapain? Udah malem loh ini, bentar lagi gerbang kost lo dikunci.”

“Gue mo nginep di kost dia, tadi udah janjian,” jawab gue, bohong.

Akhirnya kami pun tiba di depan kost Vani. Udah hampir jam 10 malem, suasana depan kost Vani juga udah mulai sepi karena tamu-tamu udah pada pulang.

“Mas, sori soal Nonik tadi ya? Kalo emang dia jealous sama gue sih gue rasa elo yang paling tau mesti bersikap gimana antara ke gue sama dia,” ujar gue pelan setelah turun dari boncengan Keni.

“Dari awal gue udah bilang sama Nonik, lo itu adek gue, lo itu penting buat gue jadi Nonik nggak boleh ganggu posisi lo.”

Gue agak kesetrum sih dengernya, tapi tetep berusaha cool di depan Keni. Untung lampu utama di depan kost Vani udah dimatiin sama penjaga kostnya jadi muka gue nggak keliatan kalo lagi bersemu merah.

“Oya? Sepenting itukah?” goda gue.

“Iya, serius ini gue!” jawab Keni dengan nada berapi-api. “Lo selalu jadi prioritas buat gue.”

“Hmmm… Thanks anyway, tapi Nonik tu cewek lo, Mas. Wajar kalo dia jealous sama perlakuan lo ke gue.”

Keni cuma diam dan memandangi gue dengan tatapan sendu.

“Yaudah balik gih, gue mo masuk dulu.”

Akhirnya Keni pun pamit buat balik kanan dan gue bergegas menuju kamar Vani yang otomatis kaget ngeliat kedatangan gue. Di kamar gue ceritain semua yang terjadi di halaman asrama tadi antara Keni sama Nonik, sampe soal pengakuan Keni tentang posisi gue buat dia.


cerbung.net

Ken: The Untold Stories

Score 0.0
Status: Completed Tipe: Author: Dirilis: 2015 Native Language: Indonesia
"Jodoh itu di tangan Tuhan". Tapi kalo kita nggak usaha buat nyari dan ngejar si jodoh juga Tuhan nggak bakalan ngasi. Kan nggak mungkin tiba-tiba Tuhan ngejatuhin seonggok manusia dari langit buat kita? Yang ada tu orang malah masuk RS atau masuk liang kubur duluan sebelum sempet bilang "gue jodoh lo yang dikirim Tuhan" ke kita. Terus kalo emang kita harus usaha nyari atau ngejar si jodoh, gimana cara kita taunya tu orang udah beneran jodoh kita atau bukan???

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opsi

tidak bekerja di mode gelap
Reset