Ken: The Untold Stories episode 7

Part 7 - Apalah Aku Ini

Tiga hari setelah camp, Mas Eka bener-bener nagih janji gue buat ngasi jawaban dari pertanyaannya waktu makrab. Mantan Ketum yang biasanya nggak pernah gue liat di kampus saat gue kuliah tiba-tiba hari ini nongol dan ngasi senyuman manis di pagi hari ke arah gue yang lagi siap-siap masuk kelas.

“Mampus gue, Van!” bisik gue saat kami berdua udah dapet kursi di ruang kuliah.

“Kenapa?” tanya Vani nggak ngerti.

“Tadi di depan liat nggak? Ada Mas Eka lagi nongkrong sama temen-temennya,” jawab gue.

“Hah, Mas Eka???” teriak Vani yang bikin temen-temen lainnya spontan noleh ke arah kami berdua. Untung dosennya belum dateng. Vani mah emang cablak orangnya.

“Ups, sori-sori,” bisiknya nyadar. Gue manyun.

“Eh dia serius nembak lo waktu itu, Vit?” tanya Vani lagi sambil bisik-bisik juga.

“Ngga tau!”

“Ih, jangan-jangan dia di depan sengaja nongkrongin lo, ntar kelar kuliah dia nagih jawaban lo lagi,” lanjutnya.

Gue nggak ngebales, karena gue lagi mikir. Itu si Mas serius suka sama gue ya? Serius mo macarin gue? Atau hari ini keliatan di kampus karena emang ada kuliah atau ada urusan sama dosen gitu, kalo anak angkatan dia kan mestinya sekarang udah mulai ngurusin skripsi.

“Mas, kuliah gk?” Gue kirim sms buat Keni.

“Ntar siangan. Lo kuliah pagi? Knp?” Balas Keni.

“Gw td ketemu Mas Eka. Tapi ga ngobrol atau apa sih, dari jauh doank soalnya. Dia cm senyumin gw.” Bales gue yang setelah gue tungguin nggak dibales lagi sama Keni. Asem!!!

Kelar kuliah gue sama Vani nongkrong di ruang Sekretariat Himpunan Mahasiswa Jurusan gue. Kuliah berikutnya cuma berjarak 2 jam dari kuliah yang baru kelar, jadi nanggung banget kalo kami pulang. Secara kami udah kelar diospek, jadi maba kayak kami udah boleh masuk sekret, buat sekedar nongkrong atau bergaul sama senior-senior yang aktif disana meskipun angkatan gue belom jadi fungsionaris.

“Nah, ni dia orangnyaaaa!” tiba-tiba dari arah pintu si Roni teriak yang otomatis bikin gue dan beberapa orang yang ada di dalem sekret pada kaget.

“Lo biasa aja sih nggak pake teriak gitu bisa nggak, Ron?” bentak Vani.

Nyadar lagi disebelin orang seruangan Roni langsung nyengir. “Lo dicariin Mas Eka, Vit!” ujarnya sambil nyopot sepatu, mo ikut masuk ruangan sekret.

“Hah? Gue???” tanya gue belagak kaget, padahal gue udah tau kenapa Mas Eka nyariin gue.

“Iya, barusan gue ketemu di bawah,” jawab Roni mengingat ruang sekret ini adanya di lantai 2.

“Terus lo bilang apa sama Mas Eka?” tanya gue lagi.

“Ya gue bilang palingan lo nongkrong di sekret, soalnya ntar siang kita ada kuliah lagi,” jawab Roni dengan penuh kepolosan.

Gue nepok jidat.

“Eh, gue salah ya?” Roni yang ngerasa ada yang nggak beres langsung buru-buru klarifikasi.

“Nggak koq, nggak papa,” jawab gue yang jadi bingung lagi mesti bersikap gimana di depan Mas Eka ntar kalo kami ketemu.

Dan belom sempet gue kelarin kebingungan gue tiba-tiba aja Mas Eka udah nongol di pintu.

“Hai, Vita!” sapa Mas Eka yang bikin orang seruangan langsung inget sama kejadian waktu makrab dan tanpa dikomando pun mereka langsung teriak “ciyeeeee…” ke arah gue. Dari yang ada disitu cuma Vani yang nggak ikutan ngeledek.

“Hei, Mas. Tumben nongol di kampus?” bales gue basa-basi.

“Hehe, iya nih, padahal biasanya gue ngga pernah keliatan ya?” jawabnya.

Gue cuma senyum, masih kagok campur bingung.

“Lo udah sarapan belom? Ke kantin yuk!” tanya Mas Eka masih dari arah pintu masuk.

“Mmm… Tadi udah sih…” jawab gue ragu-ragu.

“Yaudah kalo gitu mau nggak nemenin gue makan di kantin?” tawarnya.

Gue baru mo ngejawab, saat tiba-tiba Mas Eka narik tangan gue. Bahkan sepatunya pun belum dia copot dan bikin dia jadi keliatan semena-mena di atas karpet sekret. “Udaaah gak pake kebanyakan mikir,” lanjutnya. Gue pun terpaksa ngikutin langkah Mas Eka.

Tapi saat gue minta berenti bentar di depan pintu buat masang sepatu ternyata di situ udah ada Keni!

“Mas?” Gue setengah kaget ngeliat ada Keni, tapi bersyukur juga bala bantuan datang. Yah, mudah-mudahan Keni bisa bantuin gue buat ngindar dari Mas Eka hari ini.

“Hai, Ni!” sapa Mas Eka.

“Mo kemana, Mas?” tanya Keni.

“Ke kantin, mo ngajakin cewek sarapan nih!” jawab Mas Eka sambil nunjuk gue yang lagi sibuk make sepatu.

“Widiiih… Pamit dulu donk ke abangnya,” bales Keni dengan nada becanda.

“Lah, ini adek lo, Ni?”

Keni ngangguk. Mas Eka ngeliatin gue, terus gantian ngeliatin Keni.

“Adek beneran?” tanya Mas Eka lagi.

“Sepupu gue nih, Mas!” jawab Keni sambil narik lengan gue.

“Ooh… Sepupu… Waaah boleh donk kita iparan?” tanya Mas Eka lagi.

“Hah? Lo mo macarin adek gue, Mas?” tanya Keni pura-pura bego.

“Belom sih, Ni. Adek lo belom jawab mau apa nggak.”

“Lo mau pacaran sama Mas Eka, Dek?” tiba-tiba pertanyaan Keni ditujukan ke gue.

Gue yang langsung ditembak dengan pertanyaan kayak gitu jadi blank ga tau mesti ngomong apa. Kebanyakan basa-basi banget sih ni cowok dua ya?

“Kemaren lo minta waktu tiga hari buat ngejawab kan, Vit?” kali ini gantian Mas Eka yang nanya.

“Mmm… Gimana ya, Mas…” gue ngomong terbata-bata.

“Kayaknya ini urusan private deh, mending kita omongin di kantin, Vit?!” Mas Eka narik tangan gue yang ditahan sama Keni.

“Kenapa mesti di kantin, Mas? Jadi gue nggak boleh tau nih?” tanya Keni yang masih nahan lengan gue.

“Laaah kan ini urusan gue sama adek lo, Ni?”

“Urusan adek gue jadi urusan gue juga, Mas!”

“Terus lo maunya apa?”

Tiba-tiba aja kalimat basa-basi dua cowok di depan gue ini berubah jadi kalimat-kalimat panas yang terdengar saling menantang. Gue yang berdiri di tengah-tengah antara Keni dan Mas Eka berusaha nahan agar kedua cowok ini nggak saling bersinggungan fisik.

“Udah ah, udah! Mas, sabar donk ga usah nyolot gitu! Mas Eka juga sabar donk, gue pasti bakalan jawab pertanyaaan lo waktu itu koq,” teriak gue sambil berusaha memisahkan keduanya.

“Jadi gimana?” tanya Mas Eka ke gue dan mengabaikan Keni yang berdiri di belakang gue.

“Sori, Mas. Gue nggak bisa jadi cewek lo,” jawab gue pelan sambil memandang Mas Eka yang keliatan shock dengan jawaban gue.

“Kenapa? Gue kurang ganteng?” tanyanya berusaha santai.

Gue menggeleng. “Gue ngerasa belum kenal aja sama lo, Mas. Masa tiba-tiba pacaran?!” jawab gue sambil nyengir.

“Oooh… Jadi lo butuh PDKT dulu nih?”

Gue nggak menjawab, cuma nyengir.

“Yaudah kalo gitu gue bakalan PDKT-in lo dulu sampe akhirnya lo mau jadi cewek gue. Nggak papa kan?” lanjutnya.

Gue masih nyengir, bingung mo jawab apaan. Beneran minat sama gue ya ni orang?!

“Yaudah kalo gitu, berhubung abang lo kayaknya nggak suka gue ngajakin lo makan, gue makan sendiri aja. Tapi gue harap abang lo nggak akan ngelarang-larang gue buat deketin lo,” pamit Mas Eka sambil nyindir Keni, abis itu dia balik kanan maju jalan.

“Gila ya, niat banget dia sama lo, Dek?” tanya Keni saat gue udah balik kanan dan ngadep ke dia.

“Lo tu nggak usah sampe ribut gitu napa sih? Malu tau, Mas!” bales gue.

“Emang gue pikirin?! Mo malu kek, mo dia angkatan tua kek, yang penting dia jangan sampe ganggu lo lagi,” jawab Keni sambil mandangin gue.

“Yah dia malah minta ijin buat PDKT, gimana donk ini???” bales gue agak risau karena Mas Eka kayaknya belum mau mundur.

“Tenang aja, gue bakalan selalu jagain lo,” ujar Keni memastikan.

******

“Gue bakalan jagain lo.”

Lagi-lagi gue denger kalimat yang sama diucapkan sama seorang laki-laki di hadapan gue, cuma beda orang. Kalo beberapa taun lalu Keni yang bikin statement kayak gitu waktu gue dikejar-kejar senior angkatan tua yang namanya Mas Eka, kali ini Bayu temen sekantor gue yang ngomong kayak gitu waktu sore ini gue lagi tiduran di kost-an dia dan nyeritain soal kedatangan Keni ke tempat gue kemaren.

Jujur pertemuan sama Keni kemaren bikin gue yang udah lama move on jadi agak-agak kebawa perasaan lagi. Bertahun-tahun gue putus hubungan sama dia, saat kemaren gue ngeliat dia lagi tiba-tiba aja perasaan yang udah lama ilang dateng lagi. Gue galau segalau-galaunya! Kehadiran Keni kembali dalam hidup gue kemaren bikin gue mikir bahwa selama ini mungkin gue nggak pernah ngelupain dia, gue cuma lari ngindarin dia, dan saat gue liat dia lagi perasaan itu muncul lagi meski gue berusaha untuk nggak nunjukin.

Bayu yang kebetulan hari ini off jadi tempat pelarian gue buat curhat. Pulang kantor tadi gue bukannya nuju ke kost tapi malah ke kost Bayu yang udah gue kontak sebelumnya. Mendengar cerita gue soal Keni adalah sebuah kasus yang standar menurut Bayu. Jatuh cinta, sakit hati, pergi terus CLBK. Standar dia bilang??? Dia nggak ngerasain sih.

“Emang lo pikir si Keni bakalan jahatin gue gitu?” tanya gue ke arah Bayu yang lagi duduk di samping gue. Mata kami berdua sama-sama ke arah TV di depan kami, tapi sedari tadi entahlah acara apaan yang ditayangin gue nggak nyimak, karena sibuk curhat.
“Nyakitin fisik mungkin nggak ya, karena gue yakin Keni pasti orang baek. Tapi kalo nyakitin perasaan lo lagi sih bisa jadi, dari cerita lo kayaknya dia bukan cowok baek.”

“Beda ya orang baek sama cowok baek? Jadi cowok bukan orang gitu?”

Bayu mendengus pelan. “Lo seneng ya ketemu sama Keni lagi?” tembaknya tanpa mempedulikan pertanyaan gue barusan.

“Dibilang seneng ya iya, tapi gara-gara ketemu lagi gue malah galau. Kenapa emang?”

“Ya nggak papa sih, gue cuma kuatir aja lo beneran CLBK trus selingkuh?!”

“Ah pikiran lo jauh amat, Bay! Kalo mo selingkuh dari Bagas kenapa nggak sama lo aja, ketauan lo orangnya baek sama gue, kayaknya juga lo termasuk cowok baek-baek. Kalo yang ini kan mantan, pernah ada masa lalu yang nggak enak antara gue sama dia.”

Gue liat Bayu sedikit tersipu mendengar kalimat gue.

“Nah itu lo bilang sendiri pernah ada cerita nggak enak. Trus kenapa hubungan lagi? Sampe bikin galau semaleman pula.”

“Yaaa… Menjalin silaturrahmi yang terputus aja.”

“Gaya lo silaturrahmi. Kalo dari bentukan lo yang kayak begini gue nggak yakin lo tipe orang yang mikirin soal begituan, Vit. Gue emang belum lama kenal lo, tapi dikit banyak gue udah mulai kenal sifat dan karakter lo. Lo masih cinta ya sama mantan lo itu?”

“Diiih… Ngaco!”

“Gue tebak jawabannya iya.”

“Nggak usah ngeledek deh, Bay!”

Bayu ketawa ngeliat gue jadi salting. “Sebagai temen sih gue cuma ngingetin aja, Vit! Dia pernah bikin lo sakit ati, tapi lo masih mau terima kedatangan dia dengan pintu terbuka. Bisa jadi sih lo begitu karena emang masih cinta,” ujarnya.

“Nggak lah biasa aja,” jawab gue. Padahal dalem hati gue mulai membenarkan kata-kata Bayu.

“Di dunia ini cuma ada dua tipe cowok, Vit. Yang pertama cowok brengsek, yang kedua cowok homo. Nah, mantan lo itu termasuk yang mana cuma lo sendiri yang bisa nilai dan tau mesti gimana.”

“Njiiir… Berarti lo juga termasuk yang brengsek donk? Lo kan nggak homo?!”

“Iya gue brengsek. Pasti ada sisi brengseknya dari diri gue yang mungkin lo nggak tau. Makanya lo ati-ati aja.”

“Maksudnya ati-ati sama lo apa sama dia nih?” gue nyoba godain Bayu.

“Ya sama dia lah. Sama gue juga ati-ati, tapi kalo sama gue level kehati-hatian lo nggak perlu banyak-banyak sih. Muka-muka begini masa iya tega nyakitin lo?!” jawabnya promosi.

Gue tergelak. Ya, at least si Bayu belom pernah nyakitin perasaan gue kayak yang pernah Keni lakuin.

“Pokoknya mulai sekarang gue bakalan jadi radar idup buat lo, awas aja kalo lo mulai deket-deket lagi sama Keni trus sampe sakit ati lagi, nggak usah ngadu lagi ke gue!” ancamnya yang cuma gue bales dengan senyuman kecut.

Keni… Satu nama yang dulu pernah hadir di hati gue, sekaligus nama orang yang pernah bikin perasaan gue hancur sampe-sampe gue nggak kepengen lagi ngeliat dia. Kalo nggak inget dosa mungkin mendingan gue bunuh dia daripada gue pergi sejauh-jauhnya dari dia tapi akhirnya perasaan kangen bikin gue pelan-pelan berjalan lagi ke arahnya, karena mungkin sebenarnya perasaan itu nggak pernah mati.


cerbung.net

Ken: The Untold Stories

Score 0.0
Status: Completed Tipe: Author: Dirilis: 2015 Native Language: Indonesia
"Jodoh itu di tangan Tuhan". Tapi kalo kita nggak usaha buat nyari dan ngejar si jodoh juga Tuhan nggak bakalan ngasi. Kan nggak mungkin tiba-tiba Tuhan ngejatuhin seonggok manusia dari langit buat kita? Yang ada tu orang malah masuk RS atau masuk liang kubur duluan sebelum sempet bilang "gue jodoh lo yang dikirim Tuhan" ke kita. Terus kalo emang kita harus usaha nyari atau ngejar si jodoh, gimana cara kita taunya tu orang udah beneran jodoh kita atau bukan???

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opsi

tidak bekerja di mode gelap
Reset