Sajadah Biruku episode 11

Chapter 11

Gue kebut motor gue ke kafenya fandi , tapi sebelum nya gue pulang dulu buat ganti baju sekolah yang lagi gue pake … bukan apa apa , takutnya ntar gue di kira siswa yang bolos dari sekolah dan pasti bakal kena razia , soalnya pada saat itu lagi maraknya anak sekolah cabut buat ke warnet , maka polisi mengadakan yang namanya razia kasih sayang , dimana kalau ada siswa yang ketahuan cabut dari jam pelajaran terus ke warnet dan ketangkep , maka pihak kepala sekolah dan juga wali kelas serta orang siswa yang ditangkep disuruh memberikan keterangan di kantor polisi … ribet dah pkoknya .. makanya gue gak mau macem macem

*Singkatnya…

Gue sampe juga di kafenya fandi ,,, Gue liat cewek yang selama ini gue berusaha nelpon dia , berusaha sms dia , berusaha minta maaf ke dia .. duduk merenung ke arah sungai dengan wajah penuh dengan air mata…

*Gue turun dari motor gue … saat itu gue gak liat fandi , nando , danu , atau temen gue yang lain … tapi gue udah tau pasti temen gue lagi pada tidur , tapi fandi ? kemana dia … ? kan dia yang nelpon gue tadi ? ahh gue gak peduli sama fandi …

*Gue samperin perlahan cewek yang duduk merenung itu …. Berat sekali rasanya mulut gue mengucapkan namanya … gue gak tau kenapa gue merasa sangat canggung pada saat itu …

-I, ica….. “(panggil gue)
-(ica Cuma diem)
-Ca , lu kenapa lagi ca…? cerita sama gue “(kata gue)
-(tapi ica masih tetep diem)
-Ca…. “( gue coba pegang pundaknya dari belakang)
*(ica ngeliat gue tanpa mengatakan sepatah kata pun)
-lu kenapa lagi si ca…? “(tanya gue)
*(ica bangkit dari duduk nya , dia natap gue dalem banget)
*gue pegang pundaknya ica … gue peluk dia seketika …

-Ca , gue minta maaf soal malam minggu kemarin ca , andai lu marah karna itu.. “(kata gue dalam pelukannya)
*gue denger dia nangis makin kenceng

-Ca , tolong dong , lu kenapa sih… jangan begini ca,, gue jadi bingung! “(kata gue)
-wan…. “(ica manggil gue)
-iya kenapa ca… “(jawab gue)
-wan….. “( dia makin terisak dengan tangisan nya )
-iya ca… lu kenapa sihhhh … cerita ca ,, kali aja gue bisa bantu…. “(jawab gue)
-orang tua gue wan…. “( kata ica dengan terbata bata )
-kenapa lagi orang tua lu ca …. “(tanya gue penasaran)
-orang tua gue wan,…. Mereka kecelakaan “( kata ica )
-hahhhhh!!! “( gue kaget setengah mati)
-terus sekarang orang tua lu gimana …. “(tanya gue)
-wan…. “(ica makin kenceng nangisnya)
-iya ca.. orang tua lu gpp kan ? “(tanya gue lagi )
-mereka meninggal wan “ (kata ica)

*mendengar kata kata itu gue shock berat , gue lepas pelukan gue di ica …

-Ca…. lu yang sabar ya “(kata gue)
*ica masih terus nangis ,,

Gue merasa berdosa banget wan sama mereka , gue belum sempat minta maaf , gue gak tau gue sekrang harus gimana ,,, gue bingung wan … “(kata ica)
ya ca , gue juga merasa berdosa, gue juga salah ca , ngebiarin lu jauh dari mereka … maafin gue ya ca … “(kata gue)
-Lu yang sabar ya ca… semua pasti ada hikmahnya “(gue coba tenangin ica)
*ica masih terus nangis

-terus sekarang jenazah nya dimana ca “(tanya gue)
-masih di rumah sakit wan , lagi di diperiksa(otopsi) , gue tadi dapet kabar dari temen gue “(kata ica)
-yauda sekarang kita kerumah lu ya … “(kata gue)
*ica Cuma ngangguk
-oiya ca , lu liat fandi “(tanya gue)
-tadi dia pamit buat pulang kerumah wan “(kata ica)
-lu udah kasih tau fandi belum ..”(tanya gue)
-belum wan , dari tadi gue Cuma nangis disini”(kata ica)
-yauda ntar gue yang kasih tau dia lewat sms, yauda yuk buruan .. kan gak enak ntar jenazah orang tua lu dateng tpi lu gak ada … “(kata gue)
*(ica Cuma ngangguk)

Gue dan ica pergi kerumah ica , gue kebut motor gue, sebenernya gue agak gimana gitu … gue takut gue yang disalahin , gue takut gue yang jadi sasaran keluarga ica , gue takut… ahh udahlah…
Gue mampir dulu kerumah gue , buat ganti baju untuk ngelayat di rumah ica…

*Singkat cerita gue udah sampe di pintu masuk komplek rumah ica , gue liat bendera merah dipasang di depan pintu komplek itu , tanda kalau ada yang lagi berduka .. perasaan gue campur aduk.. perasaan bersalah,malu,takut campur jadi satu …

akhirnya kita sampe juga di rumah ica … semua perhatian tertuju ke gue , yang buat perasaan gue semakin gak karuan,,,
gue parkir motor gue , gue anter ica ke dalem rumahnya … gue liat dia nangis (tangisan yang gak bisa gue ukirkan dengan kata kata) didalem rumah itu udah banyak orang , dari mulai tetangga , saudara dan temen temen ica … ada seorang ibu yang meluk ica…

Gue tau kalau itu tante nya ica , soalnya ica minta maaf ke dia , dengan manggil tante..

*tante maafin ica tante”(gue denger ica ngomong gini ke ibu itu)

Gue yang saat itu bukan siapa siapa , sangat merasa asing ,, apalagi dalem kondisi seperti ini , ica gak mungkin lagi inget gue .. akhirnya gue putusin buat nelpon fandi …

-Halo fan”(kata gue di telpon)
-giman cewe lu njing ? “(tanya dia)
-orang tua ica kecelakaan fan dan meninggal dunia .. “(kata gue)
-hahh serius lu ? “(tanya fandi)
-iya fan , makanya dia nangis terus di kafe lu tadi “(jawab gue)
-jadi sekarang lu dimana “(tanya dia lagi)
-gue dirumah ica , tadi gue anter dia “(jawab gue)
-yauda fan , lu kesini deh , gue asing banget disini , mana gue merasa bersalah .. “(tambah gue)
-iya iya lu tenang aja , gue bakal kesana kok , biar gimana pun, ica udah jadi temen gue juga”(kata fandi)
-Lu tau kan rumah ica fan “(tanya gue)
-gak tau , kemarin kan ica gue tanyain Cuma jawab kalau rumah nya deket rumah lu “(jawab fandi)
-lu tau komplek G***P***** yang gak jauh dari rumah gue fan”(tanya gue)
-iya tau “(kata dia)
-yauda lu masuk aja , gak jauh dari pintu komplek ada simpang lu belok ke kanan , rumah nya blok C , ntar keliat ada tenda “(kata gue)
-buruan fan , gue tunggu “(tambah gue)
-iya wan , gue ajak danu sama nando sekalian ..”(kata fandi)
-oke fan , “(jawab gue)

Sehabis nelpon fandi , gue duduk di sebuah kursi .. gue pandang sekitar , mata orang orang kayak mandang sinis ke gue .. jujur aja gue rasanya pengen pulang pada saat itu .. gue liat juga temen temen sekolah ica udah pada dateng bersama guru guru nya sekalian …
Gak lama setelah mereka dateng , suara sirine ambulan terdengar dari kejauhan ,,, isak tangis pun pecah seketika .. gue liat ica keluar dari rumahnya sambil menjerit nangis … gue bener bener gak tega liat kondisi ica pada saat itu .. pengen banget gue peluk dia , gue usap air matanya , tapi apa daya gue Cuma bisa mandangin dia .. rasa bersalah gue begitu besar,,, ica masih terus nangis sambil manggil manggil orang tua nya , oh tuhan… gue bener bener gak tega liat dia seperti itu , air mata gue pun jatuh seketika,,,
Ambulan pun sampai di depan rumah ica , isak tangis semakin pecah ketika 2 jenazah diangkat keluar dari dalam mobil ambulan , ica jatuh pingsan … dengan spontan gue lari kearah ica , gue angkat ica , gue tepis tangan orang orang yang ingin ngambil ica dari dekapan gue .. gue bawa ica kedalam rumah , gue rebahin dia di samping dimana jenazah ayah dan ibunya akan di taruh dengan kepala yang gue senderkan di paha gue … gue pandangin ica , gue bener bener gak tega tanpa gue sadari air mat ague netes di pipi ica … gue hapus air mata gue yang udah bercampur dengan air mata nya …
Jenazah orang tua ica udah dibawa masuk kedalem , tepat disamping ica yang gak sadarkan diri. lantunan surat yasin pun mulai dibaca yang menambah suasana duka pada saat itu… tante ica coba nyadarkan ica dengan minyak kayu putih , tapi ica gak kunjung buka matanya , hanya suara tangisannya yang kedengar… gue coba tenangin dia .. Ca sabar ca … tuhan lebih sayang sama orang tua lu , lu gak boleh kayak gini ca …. Gue denger ica makin nangis ,,
Tiba tiba tangan seseorang nyentuh pundak gue , gue liat ternyata fandi …

-“udah wan .. biar yang nenangin ica keluarganya .. sekarang lu ikut gue “(kata fandi sambil narik gue)

perlahan gue taruh kepala ica ke lantai tapi tantenya ngalangin , sekarang tantenya yang mangku kepala ica … gue tinggal ica bersama keluarganya , gue hapus air mata gue .. gue keluar dari rumah duka itu … suasana udah semakin rame , samar samar gue denger kalau jenazah orang tua ica akan di mandikan dan akan di kebumikan hari itu juga …

gue duduk di kursi gue tadi bersama fandi nando dan danu .. gue liat juga mata mereka berkaca kaca  ternyata walaupun temen temen gue ini pada gak beres hidup nya , tapi hati nya lembut juga

-orang tua ica kecelakaan kenapa wan “(tanya danu)
-gak tau , gue juga gak sempet nanyak ke ica”(jawab gue)
-kasian ya ica wan … “(tambah dia)
*gue Cuma diem

Beberapa temen SD gue dan ica ikut dateng kerumah duka itu , mereka sempet negur gue dan nanyak nanyak masalah ica ke gue , karna mereka denger kabar kalau sebelum kejadian ini , ica ribut sama orang tuanya dan dia pergi dari rumah.. tapi pertanyaan mereka gak gue ladeni , gue males bukan saat yang tepat.

Gue berdiri dari bangku gue buat nge cek keadaan ica , Alhamdulillah ica udah sadar , dan lagi bersama tantenya , gue liat juga jenazah akan dimandikan , soalnya udah banyak yang berkumpul untuk mengangkat jenazah orang tua ica lagi .. jenazah yang pertama di mandikan adalah orang tua ica yang laki laki , kemudian jenazah ibunya…

Gue kembali duduk bersama fandi dan lainnya , gue Cuma diem.. gue cek hp gue , dan ternyata ada 1 pesan masuk yang tidak lain adalah dari tika ..

-Gimana , udah ketemu belum sama temannya “(isi smsnya)
-orang tuanya temen gue kecelakaan dan meninggal , sekarang gue lagi ada di rumah temen gue “(balasan dari gue)

Singkat cerita … Sekitar jam 11.30 menit jenazah sudahh selesai dimandikan dan dikafani , dan yang ingin berziarah (mencium jenazah untuk terahir kalinya) sudah di perbolehkan …. Gue liat ica meluk jenazah ibunya sambil terus nangis …

Akhirnya sekitar pukul 12.30 menit pas sebelum adzan pertama sholat jum’at berkumandang .. jenazah dibawa dari rumah duka menggunakan ambulan ke masjid terdekat untuk disholatkan dan dikebumikan setelah nya… saat itu ica kembali pingsan , ntahlah gue bener bener sangat tidak tega melihat keadaan nya saat itu …

Selamat jalan om R**** S****** dan tante Y*** P***** Semoga amal ibadah kalian di terima disisinya , dan maafin lah segala kesalah ica dan gue , disaat saat terahir kalian … amiiinn….


cerbung.net

Sajadah Biruku

Score 0.0
Status: Completed Tipe: Author: Dirilis: 2015 Native Language: Indonesia
Nama gue D*******A****A ..(Jelas Kan?) tapi lu semua bisa panggil gue wawan.. cerita ini merupakan pengalaman hidup gue dari sekolah sampai gue lulus ..gue punya 2 orang istimewa di hidup gue.....mereka adalah Tika dan Ica..Penasaran? Langsung baca aja kisahnya!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opsi

tidak bekerja di mode gelap
Reset