cerbung.net
Score 0.0
Bookmark

Lembayung Senja di Tanah Suci

Baca semua chapter Lembayung Senja di Tanah Suci, Light Novel Lembayung Senja di Tanah Suci Bahasa indonesia, LN Lembayung Senja di Tanah Suci, Lembayung Senja di Tanah Suci Online, baca Lembayung Senja di Tanah Suci di Cerbung.net.
Status: Completed Tipe: Author: Dirilis: 2019 Native Language: Indonesia Diposting oleh: Dinda Bestari Diposting pada: Diupdate: Dilihat: Dilihat ?
Baca chapter lengkap Lembayung Senja di Tanah Suci di Cerbung.net. Kamu juga bisa baca Lembayung Senja di Tanah Suci secara gratis tanpa daftar, Kami selalu yang tercepat update Lembayung Senja di Tanah Suci.

Sinopsis Lembayung Senja di Tanah Suci

Kartono marah pada istrinya Saodah, sudah waktunya mertuanya membelikan sepeda onthel untuknya, yang akan dipakai untuk bekerja tapi sampai saat ini belum dibelikan. Kartono seorang guru honorer menagih janji ke mertuanya yang akan menuruti keinginannya apabila menikahi anaknya Paino yang bernama Saodah yang amat mencintai Kartono. Menantunya memaksa untuk dibelikan sepeda sebagai sarana kerja seorang guru yang dibangga-banggakan Ratmi ibunya Saodah ” Kalau bapak tidak membelikan sekarang Saodah akan aku ceraikan” begitu tantang Kartono guru Madrasah Ibtidaiyah ( MI) setara Sekolah Dasar. Hati Paino amat marah tapi kasihan anak perempuan satu-satunya akan dihajar Kartono. Akhirnya Paino meluluskan permintaan Kartono tapi menunggu anak gadisnya hamil dulu karena Paino sangat menginginkan cucu . Tapi karena Saodah akan dibunuh maka Paino membelikannya juga. Tiga tahun berlalu dengan kasih sayang Saodah kepada suaminya tak pernah luntur meskipun Kartono suka memukulnya kalau lagi marah, dan membuat bapak ibunya menangis jika melihat Saodah dihajar , mereka menikah karena perjodohan orang tuanya . Saodah anak Paino dan Ratmi berasal dari desa Bandungrejo Mranggen dilamar sahabat Paino yang bernama Wiratmo dan Kuntarti istrinya dari Desa Mojo Demak yang sama-sama bekerja sebagai kuli panggul di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Paino dan Wiratmo suka berkelahi menghajar teman teman seprofesi dan amat ditakuti karena kenakalan dan ketamakannya. Karena saat itu masih rawan dan tentara Jepang masih menjajah Indonesia maka mereka mengungsi di daerah yang cukup aman. Paino ketemu sama bibinya Marfuatun di Alastuo Genuk dan ikut bibinya karena tak punya tempat tinggal lagi. Sebenarnya Marfuatun tak mau menerima Paino dan Ratmi karena dia hanyalah anak teman sahabatnya Suyati dan tak diketahui siapa bapaknya serta ibunya, waktu ditawan tentara Jepang. Lagi pula kelakuan Paino terkenal nakal dan semena-mena suka menipu

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opsi

tidak bekerja di mode gelap
Reset