Voices Inside My Head episode 4

Chapter 4 : Macet

mungkin ada kali ya, yang merasa : “ko hidup gw begini banget ya?”, “sengsara gak ada habis-habisnya ini, ko bisa ya tujuh hari dalam seminggu gw sengsara terus, kerjaan hilang , masa depan gw suram dan gak jelas, sering keracunan makanan, temen-temen gw cuma manfaatin gw, duit makin tiris, pacar kalau gak ninggalin gw, eh gw diselingkuhin terus, lah ngapa gini banget ya, kenape hidup gw harus berat bener sih ? ”

ok itu sedikit contoh ekstrim salah satu cuplikan hidup seseorang diluar sana, bisa jadi juga agan yang emang kebetulan baca tulisan ini, hidupnya lebih ancur lagi

Tapi nih gan.. Ada yang bilang begini nih:

” manusia itu berada dibumi untuk dididik. konon setiap kejadian berpotensi untuk merubah kita. dan BENCANA adalah yang paling berpotensi untuk mengubah cara berpikir kita.”

“makanya nih..kalau kita bersikap seolah-olah setiap kejadian ada maksudnya, maka kehidupan kita pun akan ada maksudnya.”

“jadi cari tahu gih, kenapa kita ngebutuhin suatu “pengalaman”,
setelahnya taklukanlah, maka kita ngga akan membutuhkannya lagi. ”

kalimat tadi terdengar garing dan klise ? nah terserah deh, kembali ke masing-masing agan sendiri.

ok .. gw emang gak lagi abis dapet bencana, tapi kejadian barusan yang gw lewatin cukup bikin mood gw jadi gak enak.

gw abis kena macet 2 jam lebih, sendirian pula

dulu bahkan gw sempet namanya ngejalanin fase kehidupan dimana sehari harus kena macet ada kali 4-5 jam, gokil gak tuh ..

nah lu bayangin tuh kalau sebulan 26 hari kerja kan berarti gw kena macet 104 jam sebulan atau kalau setahun berarti 1,268 jam atau setara 52,83 hari sendiri, gw dalem kendaraan. atau hampir 2 bulan sendiri tuh berarti ( hitung-hitungan tadi gw itung pakai kalkulator ko’ jadi harusnya sih bener ya )

dan setelah gw pikir-pikir lagi nih  : “lah masa iya sih, hidup gw cuman abis di jalan, apa iya sih hidup gw emang harus begini ..kan harusnya gak gitu juga ya” .

dan kadang nih bagi agan-agan yang tinggal dijakarta, macet itu layaknya sajian saban hari yang tidak bisa kita lewati.

dan kadang kalau sampai ekstrim bukan hanya macet gan..ini mobil-mobil sampe bener-bener parkir. asli gak gerak sama sekali… gile bener dah ah..

mungkin kalau situasi macet begini atau yang sampai kondisi parkir tadi, harusnya tiap orang bisa buka kaca.. trus pada ngobrol dan saling kenal-kenalan plus beramah tamah, lagian kan orang indonesia (termasuk gw) pada dasarnya emang pada doyan ngobrol kan ya..

jadikan seru tuh karena macet dan saling ngobrol terus, muncullah ide-ide yang brilian dan tiba-tiba bisa jadi sesuatu karena event harian kemacetan ibukota gini..

bahkan nih pemikiran-pemikiran sekelibatan gw muncul :

Mungkin kalau kondisi gini para brand owner (pemilik perusahaan & pengiklan) bisa masuk nih ke kondisi gini dan bikin event/activity secara rutin khusus buat para “pelaku” kemacetan

Tentunya activity-nya bukannya malah yang bikin macetnya jadi tambah parah ye.. tapi, bikin situasi macet begini jadi satu hiburan atau kesenangan tersendiri dan bisa dinikmati..

Toh dari pada bosan dan ngga produktif, bukankah pada dasarnya setiap orang umur berapapun mereka, memang menyukai hiburan dan kesenangan

Jadi gunain aja tuh resource yang ada, anak jalanan, anak punk, dll ..daripada mereka jadi “polusi” di jalanan, mungkin aja mereka bisa diberdayakan.. Untuk bikin serial of performance yang nantinya diliput dan diupload di social media dan siapa tau malahan bisa masuk media besar dan mungkin meng-global (ok bagian ini terlalu visioner kayaknya)

Atau mungkin bisa dibuatin platform yang memungkinkan satu sama lain saling berinteraksi dan berjejaring secara on line selagi berkendara (skype-an mungkin)

eh atau pakai HT malahan jadi kembali ke jaman dulu, well bisa jadi kan tekhnologi masa lalu adalah solusi untuk masa kini..tua bukan berarti tak berguna kan..

(dan meskipun adajuga yang bilang muda bukan berarti inovatif dan tua bukan berarti berpengalaman).

Ada juga yang bilang

if you can’t change what you do, then change how you do it..

Tuh, bisa jadi kalimat tersebut bisa berguna buat konteks ini..kalau kita gak bisa merubah kemacetan kan bisa jadi kita bisa merubah cara kita menjalani kemacetan

Bikin ide-ide lah didalam dimobil, ngayal yang bebas dan dicatet tuh siapa tau satu hari bisa dieksekusi, belajar nyanyi, belajar public speaking atau belajar keterampilan yang lainnya (asal yang masuk akal ye buat di kerjain didalem mobil/sambil naik motor)

Atau mungkin malah mengakrabkan diri dengan orang yang ada disebelah atau disekitar kita, toh mereka pasti punya sejuta pengalaman yang bisa kita gali dan kita belajar darinya( duile.. bijak amat gw hahaha) yah pokoknya gimana tuh macet jadi ada gunanya lah ya..

Atau kalau sekarang nih udah ada beberapa yang punya ipad dan tablet sejenis yang memungkinkan untuk video call, mungkin bisa juga dibikin kelas-kelas yang keren yang partisipannya bisa berinteraksi via video streaming, dan sesinya dijadwalin khusus dan nge-block untuk week day aja dan khusus rush hour.. Jadi kan enak tuh ada petunjuk gimana menyikapi dan ngejalanin hidup kita sehari-hari atau inspirasi lainnya lah ..jadinya kan macet berguna

Atau mungkin bisa juga karena ni lagi jamannya twitter tiap mobil dikasih sticker yang ngasih tau alamat twitnya, atau kalau gak mau kotor mobilnya kan bisa dilaminating, yah pokoknya bisa keliatan lah tuh alamat account twitter..trus saling mention-mentionan dan pakai hashtag deh

Trus gimana dengan pengendara motor, nah karena pengendara motor lebih terbatas ruang geraknya, ya udah buat platform yang fokus pada audio aja..

Beberapa waktu lalu saya ada tuh ide bikin namanya social radio, bisa jadi nih ide applicable buat beginian..jadi radio yang host nya gak cuma ngoceh tapi lebih sebagai moderator untuk event kemacetan gini, mereka ngelempar topik dan biarin deh tuh diskusi berjalan alami..

Untuk platformnya yah kan bisa aja dari brand buatin dan nanti dikasih gratis ke pengendara (siapa tau helm yang ada audio dan alat komunikasinya mungkin? )Nanti dari situ kan bisa jadi ada advertising space / jualan spot iklan dan beragam activity yang bisa di monetizing lainnya nanti..

Karena nih ya, orang jakarta pasti udah mual dengan yang namanya kemacetan dan bosen banget ngadepinnya.. Jadi kenapa gak berfikir asal kaya gini aja sekalian kan, siapa tau ada yang nangkep ide nya dan bisa dimanfaatin

bisa juga dibuatin ajang buat curhat dan membantu satu dan yang lain solving problem juga bisa kan, karena gw yakin nih..pasti deh..orang jakarta masalahnya banyak bener, suasana jakarta soalnya emang sangat mendukung untuk mengembang biakkan masalah kan ya..

Yah sebagai penutup karena gw udah capek ngetiknya ..gimanapun juga

Kemacetan itu menyebalkan!!!! emoticon-Mad (S)

Woi orang-orang yang emang ditugasin buat urusan ini buruanlah diberesin dong yang beginian !!! emoticon-Mad (S)


cerbung.net

Voices Inside My Head

Score 0.0
Status: Completed Tipe: Author: Dirilis: 2013 Native Language: Indonesia
Sering muncul pikiran-pikiran yang kadang sangat bikin gelisah ,membebani dan menyesakkan bahkan sering kali bikin frustasi sendiri.. mungkin saja diluar sana ada yang bisa memahaminya ,kadang ironisnya apa yang terkadang menjadi kegelisahan, beban, dan frustasi membuat kita justru malahan sering kali menjadi anugrah buat yang lain dan membantu mereka dalam banyak cara mendapatkan banyak hal baikTrus siapakah gw, umur gw berapa dan apa aja latar belakang dan pengalaman-pengalam hidup gw.. perlahan dan pasti nanti kita akan berkenalan selama prosesnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opsi

tidak bekerja di mode gelap
Reset